Sistem Pengendalian Internal

Audit Internal adalah kegiatan yang independen untuk memeriksa dan mengevaluasi aktivitas suatu organisasi (Unit Bisnis/Kerja) untuk memastikan bahwa setiap Unit Bisnis/Kerja dalam menjalankan aktivitasnya mengikuti seluruh ketentuan perundang-undangan/kebijakan/peraturan/prosedur/proses bisnis yang berlaku dalam perusahaan. Melaksanakan kegiatan secara efektif, efisien dan ekonomis serta untuk mendapatkan keyakinan yang memadai bahwa pelaporan keuangan dilakukan secara layak, tepat waktu, relevan dan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim. Disamping itu, proses Audit Internal juga memberikan konsultasi kepada Dewan Direksi,Dewan Komisaris dan Unit Bisnis/Kerja dilingkungan PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk mengenai proses perencanaan, penataan proses bisnis terkait dengan proses mengidentifikasi, cara mengukur dan menentukan prioritas pengendalian pada titik control khususnya yang terkait dengan risiko bisnis dan risiko pelaporan keuangan dengan tujuan meningkatkan kualitas proses bisnis dan kualitas proses pelaporan keuangan melalui peningkatan efektivitas manajemen risiko, pengendalian internal dan proses tata kelola yang baik (Good Corporate Governance).

Kegiatan pemeriksaan, pengevaluasian serta konsultasi yang diberikan harus bersifat independent dan obyektif dengan mengedepankan sikap profesionalisme, tidak memihak dan tidak berprasangka buruk terhadap obyek yang diperiksa/dievaluasi dengan menjunjung tinggi kode etik Audit Internal.

Unit Audit Internal PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk sebagai bagian integral dari organisasi perusahaan berada dibawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada Dewan Direksi. Disamping itu sebagai mitra kerja, Unit Audit Internal dapat melakukan konsultasi kepada Dewan Komisaris mengenai kegiatan audit yang mencakup mulai dari perencanaan sampai dengan monitoring pelaksanaan tindak lanjut.

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab Unit Internal Audit antara lain meliputi:

  • Menyusun strategi dan rencana kerja audit berdasarkan hasil analisa risiko yang dihadapi perusahaan dalam mencapai strategi bisnis.
  • Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi dan kegiatan lainnya dalam mencapai misi, tujuan dan strategi yang telah ditetapkan.
  • Melakukan dan memberikan kontribusi untuk peningkatan pengendalian yang efektif dengan melakukan review dan evaluasi terhadap pengendalian internal pada semua unit kegiatan di lingkungan perusahaan.
  • Mempersiapkan dan melaksanakan audit investigasi terutama atas instruksi Direktur Utama dan atau Komisaris Perseroan dan permintaan manajemen atas persetujuan Direktur Utama.
  • Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkatan manajemen dalam rangka penyempurnaan sistem, prosedur, anggaran dan kebijakan.
  • Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direksi dan Dewan Komisaris.
  • Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tidak lanjut perbaikan yang telah disarankan.
  • Menyusun dan menyempurnakan standar kerja Internal Audit dan Panduan Internal Audit Perusahaan.

Perseroan telah mengangkat Sdri. Ilona Sulistya sebagai Kepala Internal Audit Perseroan.

Profil kepala Unit Internal Audit

Ilona Sulistya memiliki latar belakang Sarjana Ekonomi dari STEI Indonesia pada tahun 2016. Beliau memiliki pengalaman 12 tahun dibidang akuntansi. Bergabung dengan Perseroan sejak tahun 2013.